'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pengajian Umum
11 Februari 2017 09:07 WIB | dibaca 527

Pimpinan Daerah Aisyiyah Banyuwangi bekerjasaama dengan panitia Pengajian Ahad Pagi telah menyelenggarakan pengajian umum yang dihadiri sekitar 500 orang tua dan muda, laki-laki  maupun perempuan dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2017 di Masjid KH. Ahmad Dahlan Banyuwangi pada pukul 06.00 - 07.00

Dra Hj. Rukmini Amar ( Malang) selaku pembicara dari unsur PWA Jawa Timur menyampaikan tema yang berjudul " Ketahanan Keluarga dalam menyiapkan Generasi ke Depan". Dalam kesempatan itu juga di sampaikan bahwa setiap pengajian hendaknya selalu di awali dengan pembacaan Syahadat dan Ikrar yang bertujuan untuk menguatkan TAUHID termasuk juga saat penutupan kegiatan hendaknya diakhiri dengan bacaan surat Al Ashr dan do'a penutup majelis. 

Inti pengajian adalah untuk memenuhi Ketahanan dalam keluarga, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Antara lain 

1. Mencari pasangan hendaklah yang sholeh dan sholehah, insya Allah dengan demikian akan saling bertanggung jawab. (Jangan sampai keluarga kita mendapat jodoh yang non muslim)

2. Pengasuhan anak jangan sampai merepotkan orang tua (menitipkan anak pada kakek-neneknya) karena sama saja kita menjadikan orang tua kita sebagai pembantu, lebih baik dititipkan di tempat-tempat pengasuhan yang islami. disamping itu akan timbul kecenderungan anak menjadi manja  apalagi dengan perkembangan Informasi dan  IT saat ini, bila orang tua tidak mampu dibidang IT maka akan kesulitan untuk mengontrol pola pergaulan anak. dalam surat Al hujurat ayat 12 bahwa menanamkan kecerdasan spiritual anak harus dilakukan sejak anak dalam kandungan. karena orang tua berkewajiban mendoakan anak - anak sesuai dengan tuntunan dalam surat As-Syaffat ayat 100, Al Furqon ayat 7 dan surat Ibrahim ayat 40. selain itu Ibu Rukmini Ammar juga menambahkan " Dalam Surat An Nisa' ayat 9 yang penekanannya sebagai berikut " janganlah kamu sekali-kali meninggalkan generasi yang lemah aqidahnya, lemah fisik/kesehatannya, lemah pendidikannya dan lemah sosialnya. Untuk itu bekali selalu anak-anak kita dengan kesadaran untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT dan juga selalu bertutur kata yang baik kepada siapa saja tanpa pandang bulu, karena keselamatan seseorang itu pertama kali dari mulutnya"

 

Shared Post:
Berita Terbaru